Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak Tema Keberagaman

 


a.                    Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tema 1

Semester 2 [Cerlang Budaya]

Kelas

Waktu : 1 Minggu 14-17 Juni 2021

Deskripsi Kegiatan

1

Menampilkan keragaman lagu dan musik daerah pada warga sekolah melalui ekshibisi

·       Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa semakin mencintai dan mengapresiasi keragaman budaya, menambah pengetahuan dan kreativitasnya dalam memilih dan menampilkan gerak, lagu, dan musik daerah yang sesuai dengan pesan dari lagu secara berkelompok.

2

 

 

·       Siswa kelas 1 dan 2 (96 siswa) akan berkolaborasi menampilkan gerak, lagu dan musik daerah yang berbeda yang mewakili setiap wilayah Indonesia bagian barat, tengan dan timut.

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

kreatif,   berkebhinekaan    global,    gotong royong

·       Sepuluh orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru musik, dan gutu bidang studi mendampingi siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek.

3

Menampilkan cerita rakyat dalam bentuk pertunjukan wayang kertas dan drama

·         Melalui kegiatan ini diharapkan siswa semakin mengapresiasi keragaman budaya, meningkatkan kreativitasnya dalam membuat wayang dan secara kritis menganalisis tokoh dan pesan dari cerita. Siswa pun berkolaborasi dalam merencanakan dan menampilkan pagelaran wayang kertas.

4

 

 

·         Mengintegrasikan penampilan wayang dengan cerita rakyat dari Papua dengan tujuan agar memperkaya wawasan anak tentang budaya Nusantara.

 

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila: bernalar   kritis,   kreatif,   berkebhinekaan global, gotong royong

·         Siswa kelas 3 dan 4 (96 siswa) akan berkolaborasi menayangkan pagelaran cerita rakyat dengan menggunakan wayang kertas hasil karya setiap siswa.

 

 

·         Sepuluh orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru musik, dan pustakawan mendampingi siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek.


5

Kampanye makanan dan minuman khas daerah pada warga sekolah melalui ekshibisi

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

kreatif, berkebhinekaan global, gotong royong

·         Melalui kegiatan ini diharapkan siswa mengenal dan membuat aneka makanan dan minuman nusantara, sehingga muncul rasa senang dan bangga terhadap makanan dan minuman tradisional.

 

·         Memadupadankan bahan-bahan lokal menjadi produk makanan dan minuman yang higienis, enak, dan disajikan dengan menarik.

 

 

·         Siswa kelas 5 (48 siswa) akan berkolaborasi menyelenggarakan ekshibisi untuk mengampanyekan makanan dan minuman khas daerah.

 

 

·         Enam orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru bidang studi khusus, dan narasumber akan mengelola pelaksanaan kegiatan.

6

Menampilkan keragaman permainan tradisional nusantara dalam stasiun permainan untuk warga sekolah

·       Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mempraktikkan berbagai permainan tradisional.

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila: bernalar   kritis,   kreatif,                berkebhinekaan global, gotong

·       Siswa menyiapkan permainan tradisional sederhana beserta panduan yang di tempatkan dalam beberapa stasiun. 48 Siswa kelas akan memandu siswa kelas 1 sampai kelas 3.

 

 

·         22 orang guru yang terdiri atas guru kelas dan guru bidang studi khusus akan mendampingi siswa untuk mempraktikkan permainan.

Tema 2

Semester 2 [Perubahan Iklim Global]

 

Waktu: 2 Minggu

9-23 April 2021

Deskripsi Kegiatan

 

 

 

1

Membuat berbagai kreasi daur ulang untuk ditampilkan dalam pameran kreasi anak

·       Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan keterampilan siswa dalam memilah dan memilih sampah yang dapat dimanfaatkan kembali (daur ulang), meningkatkan kreativitas siswa dalam mengubah sampah plastik menjadi kerajinan tangan sederhana, serta menanamkan semangat kebersamaan dan kemandirian dalam bekerja ketika kegiatan membuat kerajinan daur ulang secara berkelompok.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong

 

·       Siswa kelas 1 dan 2 (96 siswa) akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Siswa melakukan pengamatan jenis sampah yang ada di lingkungan sekitar rumah dan sekolah yang dapat diolah kembali menjadi produk daur ulang, mendengarkan penjelasan dari nara sumber tentang pengolahan sampah dan tentang ide-ide kerajinan tangan dari sampah daur ulang, menentukan jenis benda yang akan dibuat dan diakhiri dengan menampilkan hasil kerajiannya dalam kegiatan pameran anak.

 

·     Sepuluh orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru musik serta guru bidang studi lainnya mendampingi siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek.

 

 

 

 

 

 

3

Membuat poster dan kampanye mengenai dampak sampah plastik bagi lingkungan

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong

·     Tujuan kegiatan ini adalah menyebarkan kepedulian terhadap bahaya sampah plastik bagi lingkungan, menyebarkan semangat mengurangi penggunaan kantong plastik dan secara berkolaboratif dan mandiri dalam kelompok menyampaikan kampanye tentang dampak sampah plastik bagi lingkungan.

 

·     Siswa kelas 3 dan 4 (96 siswa) akan menambah wawasan tentang bahaya sampah plastik dari nara sumber yang dihadirkan, mencari referensi tambahan dari berbagai media tentang sampah plastik, menentukan pesan yang akan disampaikan dalam kegiatan kampanye serta berkolaborasi menghasilkan poster yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan bersama.

 

·     Sepuluh orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru musik, dan pustakawan mendampingi siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek.

 

 

4

 

 

 

 

 

5

Mengelola sampah menjadi kompos yang dimanfaatkan untuk kebun sekolah

 

Dimensi Profil Pelajar  Pancasila: Beriman, bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, gotong royong

·       Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengelola sampah.

 

·       Siswa mendapat wawasan dari narasumber tentang berbagai jenis sampah, cara memilahnya, dan pemanfaatannya bagi lingkungan, seperti membuat kompos.


 

 

 

6

 

·       Siswa melakukan kampanye ke seluruh warga sekolah tentang pentingnya pemilahan sampah.

 

·       Siswa mempraktikkkan membuat kompos.

 

·     Sepuluh orang guru yang terdiri atas guru kelas, guru bidang studi khusu, dan satu narasumber mendampingi siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek.