Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak Tema Keberagaman
a. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tema 1 Semester 2 [Cerlang
Budaya] |
||
Kelas |
Waktu : 1 Minggu 14-17 Juni
2021 |
Deskripsi Kegiatan |
1 |
Menampilkan keragaman lagu dan musik daerah pada warga sekolah
melalui ekshibisi |
·
Tujuan dari kegiatan ini adalah
agar siswa semakin mencintai dan mengapresiasi keragaman budaya, menambah
pengetahuan dan kreativitasnya dalam memilih dan menampilkan gerak, lagu, dan
musik daerah yang sesuai dengan pesan dari lagu secara berkelompok. |
2 |
||
|
|
·
Siswa kelas 1 dan 2 (96 siswa)
akan berkolaborasi menampilkan gerak, lagu dan musik daerah yang berbeda yang
mewakili setiap wilayah Indonesia bagian barat, tengan dan timut. |
|
Dimensi Profil Pelajar Pancasila: kreatif, berkebhinekaan global, gotong royong |
·
Sepuluh orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru musik, dan gutu bidang studi mendampingi siswa dalam
proses persiapan dan pelaksanaan proyek. |
3 |
Menampilkan cerita
rakyat dalam bentuk pertunjukan wayang kertas dan drama |
·
Melalui kegiatan ini diharapkan
siswa semakin mengapresiasi keragaman budaya, meningkatkan kreativitasnya
dalam membuat wayang dan secara kritis menganalisis tokoh dan pesan dari cerita.
Siswa pun berkolaborasi dalam merencanakan dan menampilkan pagelaran wayang kertas. |
4 |
||
|
|
·
Mengintegrasikan penampilan
wayang dengan cerita rakyat dari Papua dengan tujuan agar memperkaya wawasan
anak tentang budaya Nusantara. |
|
Dimensi Profil Pelajar
Pancasila: bernalar kritis, kreatif, berkebhinekaan global, gotong royong |
·
Siswa kelas 3 dan 4 (96 siswa)
akan berkolaborasi menayangkan pagelaran cerita rakyat dengan menggunakan
wayang kertas hasil karya setiap siswa. |
|
|
·
Sepuluh orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru musik, dan pustakawan mendampingi siswa dalam proses
persiapan dan pelaksanaan proyek. |
5 |
Kampanye makanan dan minuman khas daerah pada warga sekolah melalui
ekshibisi Dimensi Profil Pelajar Pancasila: kreatif, berkebhinekaan
global, gotong royong |
·
Melalui kegiatan ini diharapkan
siswa mengenal dan membuat aneka makanan dan minuman nusantara, sehingga
muncul rasa senang dan bangga terhadap makanan dan minuman tradisional. ·
Memadupadankan bahan-bahan lokal
menjadi produk makanan dan minuman yang higienis, enak, dan disajikan dengan
menarik. |
|
|
|
·
Siswa kelas 5 (48 siswa) akan
berkolaborasi menyelenggarakan ekshibisi untuk mengampanyekan makanan dan
minuman khas daerah. |
|
|
|
·
Enam orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru bidang studi khusus, dan narasumber akan mengelola
pelaksanaan kegiatan. |
|
6 |
Menampilkan keragaman permainan tradisional nusantara dalam stasiun
permainan untuk warga sekolah |
·
Tujuan dari kegiatan ini adalah
untuk mengenalkan dan mempraktikkan berbagai permainan tradisional. |
|
|
Dimensi Profil Pelajar
Pancasila: bernalar kritis, kreatif, berkebhinekaan global, gotong |
·
Siswa menyiapkan permainan
tradisional sederhana beserta panduan yang di tempatkan dalam beberapa
stasiun. 48 Siswa kelas akan memandu siswa kelas 1 sampai kelas 3. |
|
|
|
·
22 orang guru yang terdiri atas
guru kelas dan guru bidang studi khusus akan mendampingi siswa untuk
mempraktikkan permainan. |
|
Tema 2 Semester 2 [Perubahan Iklim Global] |
|||
|
Waktu: 2 Minggu 9-23 April 2021 |
Deskripsi Kegiatan |
|
1 |
Membuat
berbagai kreasi daur ulang untuk ditampilkan dalam pameran kreasi anak |
·
Tujuan kegiatan ini adalah
menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan
keterampilan siswa dalam memilah dan memilih sampah yang dapat dimanfaatkan
kembali (daur ulang), meningkatkan kreativitas siswa dalam mengubah sampah
plastik menjadi kerajinan tangan sederhana, serta menanamkan semangat
kebersamaan dan kemandirian dalam bekerja ketika kegiatan membuat kerajinan
daur ulang secara berkelompok. |
|
|
|||
2 |
Dimensi Profil Pelajar Pancasila: bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong |
·
Siswa kelas 1 dan 2 (96 siswa)
akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Siswa melakukan pengamatan jenis
sampah yang ada di lingkungan sekitar rumah dan sekolah yang dapat diolah
kembali menjadi produk daur ulang, mendengarkan penjelasan dari nara sumber tentang
pengolahan sampah dan tentang ide-ide kerajinan tangan dari sampah daur
ulang, menentukan jenis benda yang akan dibuat dan diakhiri dengan
menampilkan hasil kerajiannya dalam kegiatan pameran anak. ·
Sepuluh orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru musik serta guru bidang studi lainnya mendampingi siswa
dalam proses persiapan dan pelaksanaan proyek. |
3 |
Membuat
poster dan kampanye mengenai dampak sampah plastik bagi lingkungan Dimensi Profil Pelajar Pancasila: bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong |
·
Tujuan kegiatan ini adalah
menyebarkan kepedulian terhadap bahaya sampah plastik bagi lingkungan,
menyebarkan semangat mengurangi penggunaan kantong plastik dan secara
berkolaboratif dan mandiri dalam kelompok menyampaikan kampanye tentang
dampak sampah plastik bagi lingkungan. ·
Siswa kelas 3 dan 4 (96 siswa)
akan menambah wawasan tentang bahaya sampah plastik dari nara sumber yang
dihadirkan, mencari referensi tambahan dari berbagai media tentang sampah
plastik, menentukan pesan yang akan disampaikan dalam kegiatan kampanye serta
berkolaborasi menghasilkan poster yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan bersama. ·
Sepuluh orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru musik, dan pustakawan mendampingi siswa dalam proses
persiapan dan pelaksanaan proyek. |
4 |
||
5 |
Mengelola
sampah menjadi kompos yang dimanfaatkan untuk kebun sekolah Dimensi Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertaqwa pada Tuhan yang Maha
Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, gotong
royong |
·
Tujuan dari kegiatan ini adalah
untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengelola sampah. ·
Siswa mendapat wawasan dari
narasumber tentang berbagai jenis sampah, cara memilahnya, dan pemanfaatannya
bagi lingkungan, seperti membuat kompos. |
6 |
|
·
Siswa melakukan kampanye ke
seluruh warga sekolah tentang pentingnya pemilahan sampah. ·
Siswa mempraktikkkan membuat
kompos. ·
Sepuluh orang guru yang terdiri
atas guru kelas, guru bidang studi khusu, dan satu narasumber mendampingi
siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan
proyek. |