Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Download Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak PDF


  1. Kegiatan Pembelajaran I 

Moda Pembelajaran : Daring dan Luring (Blended Learning)

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan  (5 JP) 

Pertemuan 1 : 2 JP (2 x 35 menit) daring

Pertemuan 2 : 3 JP (3 x 35 menit) luring

Download Perangkat Pembelajaran, Buku Administrasi, Protan, Prosem PAUD-TK-KB-TPA-SPS dan RA Terbaru lengkap Disini!

Pertemuan I


Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 

  2. Guru melakukan apersepsi kepada siswa dengan permainan tebak – tebakan. Guru menyediakan gambar yang akan ditebak oleh siswa dengan cara bertanya, namun guru hanya menjawab “ya” atau “tidak”. 


Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan belajar tentang keberagaman yang ada di sekitar dan guru ingin agar siswa menebak gambar makanan khas dari Suku Minang yaitu rendang. Agar lebih konstektual, guru dapat mengganti gambar makanan khas dari daerahnya masing – masing. (Gambar terdapat di lampiran)


  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat mengenal keberagaman di lingkungan sekitar


Kegiatan Inti : 40 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa menjawab pertanyaan pemantik yang diajukan oleh guru terkait topik yaitu keberagaman di lingkungan sekitar. Contohnya : 

  • Apakah ada rumah ibadah di sekitar tempat tinggalmu ? 

  • Siapa yang beribadah di sana ? 

  • Adakah orang yang berbeda agama dan suku bangsanya dengan kalian di lingkungan sekitarmu ? 

  • Apakah kalian tahu asal suku bangsa orang yang berbeda tersebut ? 

  • Apakah kalian pernah mengikuti acara adat dari suku bangsa yang berbeda                denganmu ? 

  • Bagaimana perasaanmu saat berteman dengan orang yang berbeda agama dan suku bangsanya ? 

  • dll.

Pertanyaan diberikan kepada siswa untuk mengarahkan mereka pada topik yang akan dipelajari melalui wawancara. 


  1. Siswa menyimak materi terkait topik keberagaman melalui video yang sudah disiapkan oleh guru pada tautan video : https://www.youtube.com/watch?v=OevbCQQ6h5E

  2. Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi isi video dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan berikut:

  • Apa informasi penting yang kalian peroleh dari tayangan video tersebut ? 

  • Mengapa Indonesia mempunyai keberagaman budaya ? 

  • Apa saja bentuk keberagaman yang ada pada tayangan video tadi ?

  • Bagaimana sikap yang harus kita tunjukkan di tengah keberagaman ? 

  1. Perwakilan siswa menceritakan pengalaman singkat mereka tentang keberagaman. Contohnya jika mereka pernah mengikuti acara adat dari suku bangsa yang berbeda dengannya. 

  2. Siswa diberi kesempatan untuk saling memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman yang disampaikan oleh temannya

  3. Guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa berbeda itu adalah indah. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat menghargai keberagaman di lingkungan sekitar


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada pertemuan 1 yaitu tentang informasi awal mengenai topik keberagaman di lingkungan sekitar

  2. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa penugasan untuk melakukan pengamatan / kunjung lapangan di lingkungan sekitar rumah mereka terkait topik keberagaman. 

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pertemuan 1. 

Pertemuan 2


Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 

  2. Guru melakukan apersepsi kepada siswa dengan permainan kelompok kata. Cara melakukan permainan ini, guru menyiapkan beberapa kata yang ditulis di kertas HVS atau kertas lainnya bertuliskan : 

  • Agama

  • Suku Bangsa

  • Alat Musik

  • Rumah Adat

  • Tarian Daerah

  • Lagu Daerah, dan 

  • Makanan Khas 

lalu ditempelkan di papan tulis dan tembok sekeliling kelas. Kemudian, siswa diminta mengambil dua atau tiga kertas lainnya lalu menempelkan sesuai kelompok kata tersebut. Sebagai contoh, siswa yang mengambil tulisan “rendang” harus menempelkan kata tersebut di kelompok makanan khas. Demikian juga, jika siswa mengambil kertas bertuliskan kata “Joglo”, maka siswa harus menempelkannya di kelompok rumah adat, dst. Setelah itu, 7 orang siswa diminta menjadi wakil kelompok kata untuk memeriksa pekerjaan bersama. Tujuan permainan ini adalah agar siswa lebih mengenal tentang topik keberagaman yang akan dipelajari. 

  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat menentukan topik yang lebih khusus (khusus) pada kegiatan wawancara.


Kegiatan Inti : 75 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Paling banyak setiap kelompok beranggotakan 4 orang siswa. 

  2. Setiap kelompok dibagi Lembar Kegiatan I tentang Peta Pikiran untuk membantu kelompok mengidentifikasi topik yang lebih khusus

  1. Setiap kelompok membuat peta pikiran dengan kerangka yang sudah disediakan (terlampir)

  2. Siswa berdiskusi untuk menentukan satu topik khusus berdasarkan hasil peta pikiran. 

  3. Siswa melakukan kunjung kerja atau Gallery Walk. Teknisnya, setiap kelompok dapat menempelkan produk peta pikirannya di tempat yang berbeda dengan kelompok lain, kemudian menetapkan seorang wakil kelompok untuk menjelaskan peta pikiran yang telah dibuatnya bersama kelompok. Kemudian, anggota kelompok yang lain mengunjungi kelompok lainnya. 

  4. Guru memberikan penguatan atas produk peta pikiran yang dihasilkan oleh siswa. 


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada pertemuan 2 yaitu tentang menentukan topik khusus pada kegiatan wawancara dengan menggunakan teknik peta pikiran

  2. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa untuk membaca bahan bacaan siswa 

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pertemuan 2. 


  1. Kegiatan Pembelajaran 2

Moda Pembelajaran : Luring

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (4 JP) 


Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 

  2. Guru melakukan apersepsi kepada siswa berupa tanya jawab terkait topik khusus yang telah mereka pilih pada pertemuan sebelumnya 

Contoh pertanyaan : 

  • Apa topik khusus yang telah kelompokmu tentukan pada pembelajaran sebelumnya ? 

  • Siapa narasumber yang tepat untuk kegiatan wawancara yang akan kelompokmu lakukan sesuai topik khusus tersebut ? 

  • Apa yang perlu kalian persiapkan sebelum melakukan wawancara ? 

  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat mempelajari cara membuat pertanyaan dengan ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana). 

Kegiatan Inti : 110 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa menjelaskan penggunaan kata tanya : ADIK SIMBA dan tanda tanya pada kalimat tanya. 

  2. Guru membagikan kertas post it, kertas plano, dan spidol untuk masing – masing kelompok. 

  3. Siswa menganalisis informasi penting terkait topik khusus dari berbagai sumber informasi yang sudah diperoleh sebelumnya (hasil kunjungan lapangan, tayangan video, atau bahan bacaan).  

  4. Siswa menuliskan hal – hal yang ingin diketahuinya lebih dalam terkait informasi penting tersebut dalam bentuk kalimat tanya pada kertas post it dan menempelkannya di kertas plano. 

  5. Setiap kelompok mengelompokkan pertanyaan – pertanyaan berdasarkan kata tanya yang digunakan (untuk kalimat tanya yang mirip / sama, dapat ditempelkan berhimpit) 

  6. Perwakilan kelompok mengorganisir kalimat tanya yang sudah dihasilkan oleh anggota kelompoknya dan menuliskan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada narasumber di Lembar Kegiatan II. 

  7. Perwakilan setiap kelompok melakukan simulasi wawancara untuk mengembangkan pertanyaan yang mungkin muncul saat simulasi dan praktik wawancara di lapangan. 

  8. Guru memberikan penguatan terkait kegiatan simulasi yang dilakukan dengan menjelaskan tahapan persiapan dan pelaksanaan wawancara (materi dapat dilihat di bahan bacaan siswa)


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada kegiatan pembelajaran 2 dalam hal merumuskan pertanyaan yang akan disampaikan pada narasumber

  2. Guru memberikan tindak lanjut dan umpan balik kepada siswa terkait capaian pembelajaran selanjutnya 

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran 2. 


  1. Kegiatan Pembelajaran 3

Moda Pembelajaran : Luring 

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan  (8 JP) 

Pertemuan 1 : 4 JP (4 x 35 menit) 

Pertemuan 2 : 4 JP (4 x 35 menit) 


Pertemuan I`

Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 

  1. Guru melakukan apersepsi kepada siswa berupa tanya jawab terkait sikap dan keterampilan yang perlu dilakukan sebelum, saat, dan sesudah wawancara

Contoh pertanyaan : 

  • Bagaimana sikap dan keterampilan yang harus dilakukan sebelum wawancara ? 

  • Bagaimana sikap dan keterampilan yang harus dilakukan saat wawancara ? 

  • Bagaimana sikap dan keterampilan yang harus dilakukan setelah wawancara ? 

  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi terkait suatu topik. 


Kegiatan Inti : 110 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa menyiapkan alat – alat yang akan digunakan saat wawancara (gawai untuk merekam,buku catatan, daftar pertanyaan, dll)

  2. Siswa mengamati peragaan dari guru tentang teknik perekaman menggunakan gawai pada saat wawancara. Dalam hal siswa tidak mempunyai gawai, guru dapat mendemonstrasikan teknik menulis catatan sesuai poin – poin penting yang didapat dari hasil wawancara pada buku catatan. 

  3. Siswa menyimak penjelasan guru terkait keterampilan berbahasa lisan yang perlu diterapkan oleh siswa pada saat melakukan wawancara, seperti penggunaan kalimat baku, penggunaan intonasi saat berbicara, kejelasan dalam pelafalan, dan volume suara serta mimik / ekspresi yang tepat. 

  4. Siswa melakukan wawancara kepada narasumber. 

Catatan : Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa ketika melakukan wawancara, di antaranya : 

  • Guru dan siswa meminta kesediaan narasumber untuk hadir di sekolah sesuai jadwal pembelajaran wawancara. 

  • Siswa meminta kesediaan guru – guru yang ada di sekolah sebagai narasumber dan sudah dihubungi sebelum pembelajaran 

  • Beberapa siswa bermain peran sebagai tokoh yang akan menjadi narasumber, seperti peran sebagai kepala desa, pemuka agama, tokoh adat, pegiat budaya, dan tokoh masyarakat. Kemudian, guru memberikan bahan bacaan yang dapat mereka gunakan untuk referensi saat diwawancara. 

Ketiga teknik wawancara di atas, dapat dipilih dan disepakati oleh guru bersama siswa sesuai dengan konteks pembelajaran di sekolah masing – masing. 

  1. Guru memantau proses wawancara yang dilakukan setiap kelompok dan mengambil foto dokumentasi menggunakan gawai sambil mengamati proses wawancara yang berlangsung menggunakan lembar observasi (terlampir)

  2. Setelah melaksanakan wawancara, siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru atas kegiatan wawancara yang telah dilakukan

  3. Guru memberikan penguatan tentang kelebihan dan kekurangan yang terjadi selama proses wawancara berdasarkan hasil pencatatan di lembar observasi.


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada kegiatan pertemuan 1 (Kegiatan Pembelajaran 3) 

  2. Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan kepada setiap kelompok untuk mengumpulkan dan mengolah hasil wawancara

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pertemuan 1 (Kegiatan Pembelajaran 3)


Pertemuan 2

Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 

  2. Guru melakukan apersepsi kepada siswa berupa tanya jawab terkait praktik wawancara yang telah dilakukan pada pembelajaran sebelumnya

Contoh pertanyaan : 

  • Apakah kalian merasa senang ketika kemarin melakukan wawancara pada narasumber ? 

  • Apa alasan kalian merasa senang ? 

  • Adakah hal – hal baru yang kalian pelajari saat melakukan wawancara ? Jelaskan !

  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat menulis laporan hasil wawancara.


Kegiatan Inti : 110 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa mengamati Lembar Kegiatan III yaitu format laporan hasil wawancara yang dibagikan oleh guru.

  2. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai bagian – bagian dalam format laporan hasil wawancara. 

  1. Siswa menulis laporan hasil wawancara berdasarkan informasi yang diperoleh dari narasumber baik melalui rekaman maupun dari catatan yang ditulis selama wawancara sesuai dengan format laporan. 

  2. Guru berkeliling ke setiap kelompok untuk memeriksa capaian pekerjaan kelompok

  3. Guru memberikan penguatan terkait hasil kerja kelompok. 


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada kegiatan pertemuan 2 (Kegiatan Pembelajaran 3)

  2. Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan kepada setiap kelompok untuk menyiapkan bahan presentasi pada pembelajaran selanjutnya

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pertemuan 2 (Kegiatan Pembelajaran 3)


  1. Kegiatan Pembelajaran 4

Moda Pembelajaran : Daring

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan  (6 JP) 

Pertemuan 1 : 3 JP (3 x 35 menit) 

Pertemuan 2 : 3 JP (3 x 35 menit) 

Catatan : Alur pembelajaran pada Pertemuan 1 dan 2 (Kegiatan Pembelajaran 4) disusun sama namun untuk digunakan pada waktu yang berbeda, sesuai dengan jadwal presentasi kelompok yang telah ditentukan. 

Contoh : Jika ada 6 kelompok, maka pada pertemuan 1, kelompok 1,2, dan 3 presentasi, kelompok 4,5, dan 6 melakukan penilaian presentasi terhadap 3 kelompok tersebut. Kemudian pada pertemuan 2, kelompok 4,5, dan 6 presentasi, maka kelompok 1, 2, dan 3 melakukan penilaian presentasi. Jika jumlah kelompok ganjil, maka dapat dibagi sesuai dengan kesepakatan guru dan siswa dengan memperhitungkan alokasi waktu presentasi setiap kelompok. 


Pertemuan I`dan 2

Awal Pembelajaran : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 


  1. Guru melakukan apersepsi kepada siswa berupa tanya jawab mengenai penulisan laporan yang sudah dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sebelumnya. 

Contoh pertanyaan : 

  • Apa saja bagian – bagian yang harus ditulis dalam laporan hasil wawancara ? 

  • Apakah kalian mengalami kendala saat menulis laporan hasil wawancara ? 

  • Apa solusi yang diambil oleh kelompokmu terkait kendala tersebut ? 

  1. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 

  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait manfaat mempresentasikan laporan hasil wawancara  



Kegiatan Inti : 75 menit 

Aktivitas : 

  1. Siswa mengamati Lembar Kegiatan IV yang dibagikan oleh guru yaitu Fomat Penilaian Presentasi Kelompok dan menjelaskan petunjuk pengisiannya. Guru dapat mengirimkan tautan google drive atau google form jika format dibuat dengan google form. 

  2. Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil wawancara di depan kelas secara bergantian. Jika ada 3 kelompok, maka alokasi waktu setiap kelompok untuk presentasi adalah 15 menit.

  3. Pada saat perwakilan kelompok mempresentasikan hasil laporan, kelompok lain memberikan penilaian terhadap presentasi tersebut dengan mengisi rubrik yang telah dibagikan oleh guru 

  4. Siswa diberi kesempatan untuk saling menanggapi presentasi kelompok lain dan memberi kesempatan kepada kelompok yang dinilai untuk memberikan tanggapan secara santun. Dalam hal ini guru dapat berperan sebagai moderator. 

  5. Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang pentingnya menerima masukan dan saran dari orang lain serta cara berkomunikasi yang baik, terutama saat saling menanggapi. 


Kegiatan Akhir : 15 menit 

Aktivitas : 

  1. Guru mengkonfirmasi capaian pembelajaran siswa pada pertemuan 1 dan 2 (kegiatan pembelajaran 4) dalam hal mempresentasikan laporan hasil wawancara

  2. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa terkait capaian pembelajaran pada kegiatan pembelajaran 4

  3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran 4. 


Untuk Lebih Lengkap Silakan Download Modul Ajar Di PDF berikut 


Demikianlah berita informasi terupdate yang mengulas tentang Sekolah Penggerak dan tentang info guru terbaru dari Kemendikbud Ristek. Termasuk kurikulum sekolah penggerak, contoh modul ajar, contoh proyek penguatan profil pelajar pancasila, capaian pembelajaran dan lain sebagainya. Apalagi kalau kita berkecimpung dalam dunia pendidikan atau baru terpilih sebagai sekolah penggerak dan guru penggerak yang dibahas secara lengkap di trendguru.id