Download Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SD IT Muhammadiyah Bireuen
Waktu : 2 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran |
|||
1. Dengan mencermati gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis dan visual. 2. Dengan menata informasi yang didapat dari teks
berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan. 3. Dengan menyajikan hasil pengamatan tentang
keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan. |
|||
|
B. Materi
Pelajaran |
||
Gagasan pokok Gagasan pendukung |
|||
C. Kegiatan Pembelajaran |
|||
Aktivitas Belajar (pertanyaan guru atau respon
siswa yang diharapkan) |
Peran/Dukungan Guru |
Fokus Asesmen |
|
1. Pendahuluan Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Materi yang akan dipelajari. Apersepsi kemampuan prasarat
dengan mengajukan pertanyaan : Masih ingatkah dengan paragraf? Sebutkan ciri-ciri
paragraf! (perwakilan beberapa siswa untuk menjawab) |
Mengulas kembali
tentang paragraf Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani tampil dengan menjawab pertanyaan. |
Apakah anak masih ingat tentang
paragraf? Apakah siswa bisa membuat beberapa paragraph dengan tema yang sudah ditentukan? |